Home » » HIKMAH MEMOTONG KUKU

HIKMAH MEMOTONG KUKU

Written By Rudi Yanto on Jumat, 20 Desember 2013 | 12/20/2013



Cara membersihkan tubuh selain kita harus mandi, juga dengan membersihkan atau memotong kuku. Bagi orng Islam, memotong kuku memang salah satu SUNNAH yg telah diperintahkan oleh nabi Muhamad SAW sejak zaman dulu terlebih lagi pd hari Jum'at.

Dalam hadisnya yg lain Rasulullah SAW bersabda:
"Wahai Abu Hurairah, potonglah (perpendek) kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat (melalui) kuku- kuku yang panjang." (HR. Ahmad)

Adapun hikmah daripada pensyariatan memotong kuku adalah menghilangkan kekotoran yg melekat atau berkumpul di celahnya. Kotoran itu jika tidak dibersihkan akan dan boleh menghalang air ketika bersuci. Selain itu, jika kuku dibiarkan panjang segala kekotoran atau najis akan terlekat padanya

Selain hikmah dr segi Agama di atas, berikut ini hikmah memotong kuku dari segi kesehatan:

1. Mnghindari kita dr penyakit pencernaan dan penyakit mata. Mikroba pathogen mrupakan perantara penyebaran penyakit. Yg mengerikan mikroba jenis ini sering bersarang pada kuku kita ,terutama kuku yg panjang, dan pastinya kuku yg panjang menjadi sarana akan mempertemukan kita dgn berbagai jenis penyakit.

2. Mencegah kita dr berbagai macam infeksi. Dgn memotong kuku yg melebihi jari, maka bagian kulit di bawah kuku dapat mudah dibersihkan, tidak cacat, dan jari-jari kita dapat mudah bekerja secara maksimal. Dgn kuku panjang, aktivitas kita dapat terganggu dan mungkin juga interkasi kita dgn orang lain menjadi kurang leluasa.

3. Menjauhkan penularan penyakit kpd orang lain. Kuku yg kotor menyimpan banyak kuman yg dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yg dikonsumsi. Jika tangan dan kuku kita kotor lalu berjabat tangan dngn orang lain, bukan tidak mungkin jika orang tersebut terkena penyakitkarena berasal dari kuku kita.

Itulah beberapa hikmah dan manfaat memotong kuku, tentunya kita harus rajin memotong kuku agar terhindar dari berbagai macam najis dan penyakit.

Selamat memotong kuku..:)

Jum'ah mubaarakah..

di Kutip dari :https://www.facebook.com/PersatuanPemudaPemudiMajelisRasulullah
Share this article :
 
Contact Support: Twitter | Facebook
Copyright © 2012. AL-MUSABBIHIN - All Rights Reserved
Published by TakadaTapiono Creative